Langsung ke konten utama

Perang Puputan Bayu: Potensi Sejarah Lokal Berbasis Karakter Bangsa



Karakter bangsa kini tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Pasalnya, karakter bangsa dinilai telah memudar pada sanubari generasi muda dewasa ini. Hal ini dapat dilihat dari maraknya aksi kekerasan dan asusila akhir-akhir ini, yang banyak diwayangi oleh generasi muda. 

Upaya pemerintah untuk mengatasi fenomena ini diantaranya melahirkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Berkarakter Bangsa di lembaga-lembaga pendidikan dasar dan menengah. Dalam pelaksanaannya, nilai-nilai karakter bangsa terkesan ditransfer secara tekstual dan kurang maksimal, sehingga kurang mengena bagi para siswanya.

Karakter bangsa dapat di pandang sebagai tata nilai budaya dan keyakinan yang mengejawantah dalam kebudayaan suatu masyarakat dan memancarkan ciri-ciri khas keluar sehingga dapat ditanggapi orang luar sebagai kepribadian masyarakat tersebut (id.wikipedia.com, diakses tanggal 18 Oktober 2011). Indonesia dikenal dengan keluhuran karakternya. Hal ini tercermin dari ideologi dalam Pancasila yang menjadi dasar Negara.
 Dengan Karakter berkebangsaan yang kuat, suatu bangsa tidak akan mudah goyah diterpa dinamika zaman yang semakin “edan” dewasa ini. Karakter Bangsa dapat menjadi benteng terhadap anomali sosial yang rentan berubah setiap detik. 

Secara historis Kabupaten Banyuwangi tidak lepas dari sejarah Perang Puputan Bayu. Perang Puputan Bayu merupakan perang semesta rakyat Banyuwangi secara habis-habisan melawan VOC dari Belanda. Perang fenomenal tersebut secara administratif kini berada di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Puncak penyerangan para pejuang Blambangan terjadi pada tanggal 18 Desember 1771 yang akhirnya ditetapkan sebagai hari jadi Banyuwangi (HARJABA).

Dalam peristiwa itu para pejuang Blambangan melakukan serangan umum dan mendadak terhadap serdadu VOC. Belanda sendiri menyatakannya sebagai “de dramatische vernietiging van Compagniesleger”. C. Lekkerkerker mengatakan : perang Bayu merupakan perang yang membutuhkan lebih banyak ketegangan dan jumlah jiwa manusia dibanding perang-perang lainnya yang telah dilakukan oleh Kompeni (hasanbasri08.wordpress.com, diakses tanggal 18 Oktober 2011).

Sayangnya, potensi sejarah lokal ini jarang diekspos oleh media, sehingga terkesan tenggelam dan asing di telinga masyarakat, bahkan di Banyuwangi sendiri. Pemerintahpun belum membuat program yang serius mengenai hal ini. Kalaupun ada, hanyalah “logo  kemasan” yang isinya tidak lain adalah hura-hura pesta ulang tahun. Seandainya masyarakat bisa akrab dan meneladani kearifan para Super Hero Perang Puputan Bayu !. Padahal potensi sejarah lokal ini dapat menjadi peluang sebagai sumbangsih terhadap pembangunan karakter bangsa (character national building).

Perang Puputan Bayu mengandung berbagai nilai-nilai perjuangan luhur yang dipegang teguh oleh Laskar Belambangan saat itu. Potensi sejarah lokal ini jika dapat terevitalisasi (membumi) di kalangan masyarakat, pada gilirannya dapat mewarisi nilai-nilai karakter bangsa. Nilai-nilai tersebut antara lain nilai toleransi, disiplin, kerja keras, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, serta tanggung jawab. Nilai-nilai tersebut adalah 11 dari 18 nilai yang tengah digembar-gemborkan dalam KTSP Berkarakter Bangsa. Semua itu adalah hasil dari pereduksian makna yang terkandung dalam Perang Puputan Bayu. 


Perang Puputan Bayu dipimpin oleh Pangeran Jagapati (Ki Mas Rempeg). Jiwa Pangeran Jagapati menjadi sensitif terhadap semua bentuk kesengsaraan, penindasan dan kesewenang-wenangan yang dilakukan oleh VOC. Dipuncak Perang Puputan Bayu yang di jelaskan oleh Hasan Basri (2009), Serangan pejuang Bayu yang mendadak, membuat pasukan VOC terdesak. Ketika posisinya terus terdesak, mereka mundur dan lari meninggalkan semua perlengkapan perang. Sersan Mayor van Schaar, komandan pasukan VOC, Letnan Kornet Tinne dan ratusan serdadu Eropa lainnya tewas dalam perang itu. Dari serdadu yang tersisa yang sempat melarikan diri, jumlahnya tidak seberapa, umumnya dalam keadaan terluka dan sakit. 

Pihak Blambangan harus membayar mahal dengan kehilangan pemimpinnya. Pangeran Jagapati terluka parah dan dibawa ke benteng. Dengan luka parahnya, Pangeran Jagapati masih mampu mengatur strategi peperangan dengan menunjuk Jagalara dan Sayu Wiwit sebagai wakilnya untuk melanjutkan perjuangannya. Pangeran Jagapati gugur karena luka-lukanya sehari berikutnya yakni tanggal 19 Desember 1771.
 Tulisan ini akan mengecewakan Anda yang mencari pemaparan sejarah secara lengkap. Tulisan ini bertujuan menyulut percikan-percikan kepedulian massa akan potensi sejarah lokal ini.  Detail latar belakang Perang Puputan Bayu dapat dilihat di blog Hasan Basri (2009), yang cukup tuntas membahas kronologi perang fenomenal ini. Atau Anda bisa menjelajah internet untuk mencari informasinya.
Dengan gejolak krisis karakter saat ini yang semakin akut dan mendesak perlu penyelesaian, Perang Puputan Bayu sebagai sejarah lokal dapat menjadi alternatif. Wabil khusus Rakyat Banyuwangi yang tengah bersorak sorai dengan HARJABA yang ke-240. Tentu momentum yang sangat tepat untuk bersama mengkaji dan menggali potensi sejarah lokal ini menuju masyarakat yang berkarakter. Ya, perlu kerja sama semesta dari semua lapisan masyarakat, termasuk Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah Dunia dengan Media

  “Barang siapa menguasai media, dia akan menguasai dunia”, demikian bunyi salah satu pepatah modern. Telah banyak contoh dahsyatnya kekuatan media (pers) dalam mengantar perubahan dunia. Begitu besarnya pengaruh media dalam mengendarai wacana dan dukungan publik. Pihak-pihak tertentu di berbagai sektor kehidupan yang digandeng media cenderung memenangkan persaingan. Kemajuan suatu perusahaan dalam memasarkan produknya tak lepas dari

Terorisme dan Stempelisasi Islam

SEIRING kuatnya ancaman terorisme Islamic State of Irak and Syria (ISIS) yang disambut kalangan ekstrimis radikal di Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang menggelar dialog pencegahan terorisme, Rabu (19/11) lalu, di rektorat UIN Maliki Malang. Prof Dr Irfan Idris MA, Direktur Deradikalisasi BNPT, menyosialisasikan program kontra radikalisasi dan deradikalisasi untuk membendung gerakan radikal. Upaya ini ditempuh antara lain melalui pembinaan kepribadian dan kemandirian hidup kepada para narapidana di dalam lembaga pemasyarakatan. Selain itu juga digencarkan sosialisasi pada seluruh perguruan tinggi sekolah-sekolah yang kian menunjukkan anarkisme edukasi, serta pesantren yang sering diidentikkan sebagai sarang teroris. Upaya pemberdayaan rumah ibadah juga digerakkan. Pasalnya, banyak masjid yang dibajak kalangan radikalisme teroris untuk mendakwahkan doktrin-doktrin kerasnya. Pemateri lainnya, KH...

Tahanus di Rowo Bayu*)

Tuhan agaknya membuang cuilan surga di Banyuwangi. Terbukti dari beragamnya objek keindahan di tanah bekas Kerajaan Blambangan ini. Rowo Bayu adalah opsi destinasi layak dijajaki. Tempat bertahanus yang tepat dari segala ingar bingar. Secara administratif, Rowo Bayu ada di Dusun Sambungrejo, Desa Bayu, Kecamatan Songgon. Saat menemui tetenger Puputan Bayu, Anda harus ekstra hati-hati. Sebab setelah monumen kenangan pertempuran besar rakyat Blambangan melawan kompeni, jalanan mulai rusak dan bergelombang. Selepas jalan tanjakan, akan menemui gerbang wana wisata Rowo Bayu, hutan lebat nan asri ini siap menyambut. Suasana hening menyeruak. Sesekali dijumpai beberapa patung berwajah garang seolah menggiring tamu ke ruang utama. Pertama kali tiba di area utama ini, saya langsung jatuh cinta. Telaga membentang elok dikelilingi pepohonan rindang. Angin semilir mengelus peluh yang mengucur. Damainya.